Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training (BOSIET) merupakan sebuah kursus yang dibuat untuk membantu dalam memenuhi pelatihan keselamatan lepas pantai awal, pelatihan tanggap darurat dan persyaratan penilaian untuk personil yang baru di industri minyak dan gas lepas pantai.

                Di wilayah offshore Malaysia sendiri, pada awalnya BOSIET tidak diwajibkan bagi pelaut-pelaut yang bekerja disana. So, pemandangan crew change kru kapal dengan menggunakan helikopter adalah pemandangan yang lazim di Malaysia. Namun, pada suatu ketika ada orang platform yang bertanya kepada kru kapal yang hendak crew change via helikopter. Apakah anda sudah memiliki sertifikat BOSIET? Karena jawabannya tidak memiliki sertifikat BOSIET, maka sejak saat itu kru kapal wajib mengambil BOSIET untuk bisa sign on maupun sign off menggunakan helikopter.

                Sebelum perusahaan-perusahaan pengeboran minyak melakukan ekspansi bisnis dari darat (onshore) ke laut (offshore) aturan kekuasaan tertinggi untuk regulasi di laut dipegang oleh International Maritime Organization (IMO). Disini IMO menerapkan standar keahlian bagi pelaut dalam STCW, sehingga tidak ada satupun aturan regulasi tertinggi di atas STCW, di samping training-training yang ditetapkan untuk pelatihan pun sudah diatur di STCW.  Yang perlu diingat, Basic Safety Training (BST) adalah dasar segala pelatihan yang ada di STCW, yang mana di dalamnya mencakup standar mengenai survival, fire fighting dan medical.

                Perusahaan-perusahaan pengeboran minyak mau tidak mau harus mematuhi aturan IMO jika ingin bisnis di wilayah offshore, termasuk di dalamnya pelatihan penyelamatan ketika di laut. Yang jadi masalah adalah tidak semua pekerja pengeboran minyak adalah pelaut, maka pada saat itu solusi yang ditawarkan oleh IMO adalah perusahaan-perusahaan pengeboran minyak boleh mengadaptasi STCW. Sehingga perusahaan-perusahaan pengeboran minyak membuat organisasi untuk membuat aturan kursus singkat yang mengadaptasi STCW, salah satu organisasinya yang paling terkenal adalah OPITO. Akhirnya, munculah sertifikasi BOSIET (standar OPITO) yang sebenarnya penggabungan antara BST, AFF dan PSCRB yang dikemas dalam masa latihan tiga hari.

                Demikian cerita singkat tentang bagaimana asal usul munculnya sertifikat BOSIET. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment