Definisi Agensi Yang Baik Dan Perusahaan Pelayaran Yang Baik

Akhir-akhir ini kembali marak penipuan lowongan kerja pelaut di negara kita. Modusnya agensi memberikan lowongan kerja untuk satu set kapal dengan gaji yang sangat menggiurkan. Akan tetapi pada kenyataannya job tersebut adalah fiktif, dan ujung-ujungnya uang charge hingga puluhan juta rupiah melayang. Kalau kita dihadapkan dengan agensi yang minta uang charge, sebisa mungkin lakukan pembayaran resmi di kantor. Kecuali sudah tau ‘track record’ agensi tersebut, nggak masalah kita bayar uang charge duluan, yang penting tetap harus ada hitam di atas putih. Intinya agensi yang baik itu tidak meminta uang charge sebelum kandidat benar-benar disetujui oleh sebuah perusahaan. Umumnya agensi yang baik baru meminta uang charge setelah agreement, LG dan flight ticket keluar.

Itu tadi mengenai definisi tentang agensi yang baik, bagaimana dengan definisi perusahaan pelayaran yang baik? Secara sederhana perusahaan pelayaran yang baik adalah yang memberikan kesempatan bagi pelaut untuk mengembangkan karir, di samping menjaga kesejahteraan pelaut itu sendiri. Selain itu, bisa dibilang perusahaan pelayaran yang baik adalah sebuah kesatuan dari sistim kerja, baik kebijakan secara internal, eksternal dan individu dalam tim perusahaan. Yang mana semua itu harus dijaga dengan cara menempatkan pemimpin-pemimpin yang kompeten, baik secara dedikasi dan pengetahuannya, sehingga dapat menjaga dinamika perusahaan seperti etos kerja dan lingkungan persaingan karir yang sehat. Dan pada akhirnya, perusahaan tersebut seakan dimiliki oleh pelaut-pelaut yang bekerja di dalamnya lantaran pelaut tersebut memiliki loyalitas terhadap perusahaan.

Budaya lingkungan humanisme, melihat dan memperlakukan manusia dari sisi kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai-nilai attitude adalah hal yang penting di sebuah perusahaan pelayaran. Jika hal ini tercipta, maka pelaut akan bekerja dengan hati, kemudian timbul rasa ownership dalam diri pelaut. Hal ini sangat efektif dan efisien karena didasari kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap peran dalam sebuah pekerjaan sangatlah tinggi. So, dengan menyentuh hati para pekerjanya sebuah perusahaan pelayaran akan berkembang menjadi lebih baik.

Setelah membaca isi keseluruhan dari artikel ini, saya harap rekan-rekan pelaut selalu mengupayakan mencari tahu dulu (mencari informasi-informasi, red) tentang perusahaan pelayaran yang akan memperkerjakan kita. Stop berbicara yang penting join ship dulu, sedangkan hal lain-lainnya nanti dipikir di atas kapal. Karena pada dasarnya kita akan menjadi lebih bijak dan aman jika mengetahui latar belakang perusahaan pelayaran yang akan kita lamar, baik itu perusahaan domestik maupun perusahaan luar negri.

Sekali lagi, loyalitas adalah hal yang paling utama. Saat melamar di sebuah perusahaan baru, pelaut yang loyal di sebuah perusahaan sebelumnya akan memiliki nilai plus dibandingkan pelaut yang di dalam CV-nya tertulis sering berganti-ganti perusahaan. Semoga sahabat pelaut semua diterima kerja di perusahaan pelayaran yang baik.     

Leave A Comment