Jurus Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk

Mengantuk di saat bekerja adalah hal lazim yang dialami hampir setiap orang, setiap hari, baik di pagi hari atau setelah makan siang, terutama setelah makan berat. Bagi pelaut (khususnya perwira yang kerjanya cenderung berhadapan dengan komputer, red), jam tiga sore adalah waktu kita dimana sering merasa lelah sehingga bisa mengganggu produktivitas kerja.

Menurut para ahli, ketika tubuh tidak memiliki waktu tidur atau beristirahat selama delapan jam di malam hari, maka keesokan harinya kita akan merasa lelah dan lesu. Hal ini sedikit berbeda dengan aturan yang tertulis di STCW (Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers) yang mana menyatakan bahwa istirahat bagi pelaut yang sedang bekerja di atas kapal dalam sehari adalah sepuluh jam, yang mana enam jam di antaranya digunakan untuk tidur. Aturan ini sangat baku, bahkan untuk perusahaan-perusahaan yang bonafit mengimplementasikannya dalam bentuk ‘rest hour’ yang didasari oleh aturan MLC 2006. Berikut beberapa cara untuk menyegarkan diri kembali setelah mengantuk:

  • Merokok.

Selain dapat mengurangi obesitas dan penangkal penyakit parkison, merokok merupakan salah satu jurus jitu untuk menghilangkan rasa mengantuk saat pelaut bekerja. Tapi ingat, pastikan posisimu berada di ‘smoking area’ saat merokok di atas kapal.

  • Ambil cemilan sehat untuk meningkatkan energi.
  • Tidur dulu beberapa menit untuk menghilangkan rasa berat di mata.

Cara ini tergolong sangat ampuh untuk kita coba di saat rasa mengantuk melanda. Caranya bisa menggunakan bantuan ponsel kita, yakni dengan mengatur alarm sesuai dengan durasi waktu yang kita inginkan. Cara sederhana lainnya adalah kita cukup meminta bantuan rekan kerja kita untuk membangunkan kita setelah tertidur beberapa menit.

  • Fokus ke pernapasanmu untuk membuatmu merasa lebih segar.
  • Lakukan gerakan atau olahraga pendek untuk meningkatkan energimu.
  • Ajak ngobrol rekan kerjamu.

Dengan banyak ngobrol di saat mengantuk, secara tidak langsung akan menghilangkan rasa ngantuk itu sendiri. Apalagi materi obrolannya adalah persoalan gaji yang sudah masuk ke rekening, dijamin seru dan membuat rasa mengantuk hilang seketika.

  • Nyanyi lagu kesukaanmu untuk membuatmu merasa senang.
  • Cari cahaya natural untuk membantu mata beristirahat setelah memandang layar komputer sepanjang hari.

6 Comments to “Jurus Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk”

Leave A Comment