Paspor Indonesia Kini Berlaku 10 Tahun, Inilah Awal Mula Kebangkitan Pelaut Indonesia

Permasalahan paspor negara Indonesia yang dulunya hanya berlaku lima tahun pernah saya suarakan melalui postingan di grup facebook ‘SUARA PELAUT INDONESIA’ bulan Oktober 2021, yang mana grup facebook tersebut merupakan salah satu grup pelaut dengan jumlah member terbesar di negara kita, dimana adminnya adalah eks Perwira Siswa di STIP – Jakarta. Yang ada di otak saya waktu itu adalah dengan masa berlaku lima tahun saja masih banyak pelaut yang harus ganti paspor baru sebelum masa berlaku paspor itu habis, contohnya pelaut-pelaut yang bekerja di negara Saudi Arabia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Sepengetahuan saya, ketiga negara tersebut ukuran cop paspornya besar-besar. Jadi, jika ditambah visa negara tersebut yang ukurannya memakan selembar halaman paspor, tidak heran rekan-rekan pelaut yang bekerja di ketiga negara tersebut sering kehabisan halaman paspornya dan otomatis mengajukan pembuatan paspor (lagi) ke pihak imigrasi walaupun paspor mereka belum expire. Lengkap sudah penderitaan seorang pelaut apabila ditambah job yang melayang akibat paspor barunya belum jadi.  

                Adapun komentar-komentar menarik dari rekan-rekan pelaut yang menanggapi cuitan saya di grup ‘SUARA PELAUT INDONESIA’, diantaranya:

“Amin, mudah2an aturan itu akan berlaku bagi paspor INDONESIA, apalagi peraturan itu dapat menjadi pelajaran bagi bangsa INDONESIA, khususnya bagi saudara kita yang berada di luar negri seperti PELAUT INDONESIA, kita do’akan aja mudah2an bisa terwujud aturan mengenai PASPOR itu yang berlaku 10 tahun. Amin, amin, amin.” tulis akun Riadi Adi.

“Pelaut Indonesia adalah orang yang paling sabar dan syukur. Karena aturan sertifikat, buku pelaut, pasport DLL melilit pelaut dan banyak gaji tapi tidak standar UMR tapi tetap sabar dan syukur.” tulis akun Agus Supriyono.

“Betul banget, China masa berlakunya pasport juga 10 tahun, kita kadang terkendala di masa berlakunya, ngurusnya yang perlu ekstra, ya tenaga ya biaya…semoga kita bisa segera menyesuaikan secara internasional.” tulis akun Mas Selawe.

“Bener harga naik dikit gak papa asal 10 tahun…ga ribet bolak-balik imigrasi.” tulis akun Mohammad Iskandar Zulkarnain.

”Peraturan pemerintah No.51 tahun 2020 tentang masa berlaku passport 10 tahun telah ditanda tangani presiden…tapi aturan pelaksanaan sampe sekarang belum dibuat oleh dirjen imigrasi…mungkin nunggu ganti presiden dulu baru kelar.” tulis akun Winanto Thok.

“Masa berlaku 5 tahun tapi masih 11 bulan 25 hari uda disuruh bikin baru…oh negriku.” tulis akun Andi Iwan.

“Kita ini mana bisa seperti negara lain bro…tau sendiri lah kalau di kita sedikit-sedikit duit.” tulis akun Zul Isa Nasution.

“Tak usah paspor sertifikat saja masa tiap lima tahun harus revalidasi, untung perhubungan lah dan bagaimana yang kapal lokal gaji antimo?” tulis akun Alamsya Rizal.

Menurut ilmu fisika tekanan berbanding lurus dengan gaya. Semoga dengan diberlakukannya paspor sepuluh tahun ini pelaut-pelaut bisa sedikit bergaya kembali lantaran tekanannya sudah berkurang satu, walaupun pada kenyataannya masih ada sebuah tekanan berupa sertifikat-sertifikat keahlian pelaut yang harus direvalidasi per lima tahun. Akhir kata, selamat datang di awal mula kebangkitan pelaut Indonesia.

Leave A Comment