Review Sertifikat FOET Di PT. Lautan Tenang Jaya

Di Indonesia ada empat tempat pengambilan sertifikat FOET maupun BOSIET Opito, antara lain:

  • PT. Samson Tiara (Cilegon)
  • SMTC Cisarua (Bogor)
  • PT. Lautan Tenang Jaya (Jakarta)
  • PT. BSTC (Batam)

FOET kepanjangan dari Futher Offshore Emergency Training. Sertifikat FOET merupakan  perpanjangan dari sertifikat BOSIET Opito yang mendekati masa expire. Jika sudah melewati tanggal expire, maka harus mengambil BOSIET Opito (baru) kembali. Kalau mengambil FOET lama pelaksanaan sertifikasi hanya satu hari, sedangkan kalau mengambil BOSIET Opito (baru) lama pelaksanaan sertifikasi memakan waktu tiga hari.

PT. Lautan Tenang Jaya letaknya sangat strategis, saya bilang strategis karena lokasinya berdekatan dengan banyak ‘oil and gas’ company di Jakarta Selatan. Sehingga tidak jarang peserta yang mengambil sertifikat disini merupakan peserta yang notabene mendapatkan rekomendasi dari perusahaan tempat mereka bekerja yang mana kantornya terletak di Jakarta Selatan.

Salah satu kelebihan mengambil sertifikat FOET di PT. Lautan Tenang Jaya adalah sertifikat yang dikeluarkan expire-nya akan mengikuti sertifikat yang lama. Misalnya BOSIET Opito kita expire tanggal 3 Maret 2024. Meskipun kita mengambil FOET bulan Januari 2024, maka sertifikat FOET yang dikeluarkan oleh PT. Lautan Tenang Jaya nantinya expire per tanggal 3 Maret 2028. Ingat, hal istimewa ini hanya berlaku di PT. Lautan Tenang Jaya, kalau di tempat lainnya expirenya tertulis tanggal pelaksanaan pengambilan sertifikat, bulan Januari.

Materi pembelajaran sertifikat FOET di bagi menjadi 3 bagian, yaitu: emergency first aid, pemadam kebakaran dan penyelamatan diri, serta helicopter safety and escape.

Agar berhasil menyelesaikan modul emergency first aid, peserta harus mampu menyalakan alarm dan melakukan tindakan pertolongan pertama yang segera, termasuk praktek pertolongan pertama yang diakui industri. Untuk pemadam kebakaran dan penyelamatan diri, materi-materinya meliputi: penggunaan yang benar dari alat pemadam kebakaran portabel yang sesuai dan digunakan untuk apa kelas kebakaran yang berbeda, teknik penyelamatan diri dengan tudung asap dari area yang jarak pandangnya berkurang karena asap, teknik penyelamatan diri dengan tudung asap dari area yang jarak pandangnya tertutup seluruhnya, teknik pelarian kelompok kecil dengan tudung asap dari area yang jarak pandangnya tidak jelas.

Untuk helicopter safety and escape materinya tidak jauh beda saat kita mengambil setifikat BOSIET Opito, hanya saja kegiatan melarikan diri dari helikopter dalam pelaksanaannya hanya dilakukan sebanyak tiga kali alias lebih sedikit dibandingkan saat kita mengambil BOSIET Opito.

Leave A Comment