Seyogyanya P.P.E.

Personal Protective Equipment atau PPE, dalam bahasa Indonesia biasa disebut Alat Pelindung Diri (APD) berfungsi sebagai penghalang, pelindung atau garis pertahanan terakhir untuk mengurangi resiko yang diciptakan oleh bahaya yang berkaitan dengan pekerjaan. Penggunaan APD yang tepat memberi kita alat keselamatan lain, namun dengan sendirinya APD tidak akan menciptakan tempat kerja yang bebas dari insiden. Dengan kata lain, APD tidak dapat menghindarkan kita dari kecelakaan kerja, namun APD bisa mengurangi efek dari kecelakaan kerja yang terjadi. Menurut Wikipedia APD adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan resiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya.

Jangan pernah menganggap remeh penggunaan APD selama bekerja. Contoh kasus ada seorang kru kapal yang bekerja di offshore yang kesehariannya meremehkan penggunaan alat pelindung pendengaran (ear plug). Jadi kru tersebut selalu menyepelekan atau jarang menggunakan ear plug saat memasuki atau melintasi area kerja yang bising. Tahun demi tahun berlalu kru tersebut merasa baik-baik saja, namun saat melakukan medical check up daya pendengaran kru tersebut selalu berkurang setiap tahunnya. Puncaknya, lima tahun berselang kru tersebut mulai pekak dan mulai sadar untuk memproteksi alat pendengarannya selama bekerja.

Nasi sudah menjadi bubur, bro. Kesimpulannya setiap menggunakan APD, kita jangan hanya memikirkan bahaya atau dampak yang langsung ditimbulkan oleh pekerjaan saat itu. Lebih dari itu, kita harus memikirkan bahaya yang ditimbulkan dari sebuah pekerjaan terhadap tubuh kita untuk dua tahun ke depan, tiga tahun ke depan, bahkan lima tahun ke depan. Dengan pedoman tersebut, penggunaan APD selama bekerja akan menjadi kebiasaan yang mengasyikkan, bukan malah menjadi beban bagi kru lantaran menurut aturan penggunaannya adalah sebuah kewajiban.

Adapun jenis-jenis APD yang wajib digunakan saat kru bekerja, antara lain:

  • Pelindung kulit (wearpack)
  • Pelindung kaki (safety shoes)
  • Pelindung tangan (impact gloves)
  • Pelindung kepala (helmet)
  • Pelindung mata dan wajah (goggles, face mask)
  • Pelindung pendengaran (ear plug)
  • Pelindung pernapasan (masker)
  • Aneka jenis APD yang lainnya  

Leave A Comment