Tool Box Meeting; Bukan Sekedar Bagaimana Caranya Bekerja Dengan Aman

Tool box meeting merupakan pertemuan keselamatan sebelum pekerjaan dimulai yang harus dilakukan di tempat oleh seorang supervisor, baik itu pekerjaan yang tidak rutin, tidak biasa, asing atau berbahaya, atau pada titik di sepanjang pekerjaan yang bahayanya akan berubah. Karena tujuan utama dari tool box meeting adalah pencegahan terhadap kecelakaan kerja, maka dapat dipastikan kegiatan ini berlangsung dengan serius, bahkan sedikit membosankan karena tidak jarang materinya merupakan sebuah ulangan. Karenanya, supervisor yang handal adalah yang bisa mengatur ritme dalam tool box meeting dengan baik sehingga penyampaiannya tidak membosankan. Strategi menyisipkan hal-hal lucu atau guyonan-guyonan juga merupakan seni tersendiri yang dilakukan oleh supervisor agar setiap tool box meeting bisa dinikmati oleh semua hadirin yang hadir.

Isi dari tool box meeting juga bisa berupa kontrol dan pengawasan tentang potensi bahaya, menjelaskan secara langsung potensi bahaya kepada kru kapal, termasuk mengingatkan kru untuk selalu memakai Alat Pelindung Diri (APD) selama bekerja dan mengisi form Permit To Work (PTW) pada masing-masing pekerjaan yang akan dilakukan.

Selama bekerja terkadang muncul istilah intervene (Bahasa Indonesia: intervensi). Yang dimaksud dengan intervensi disini adalah percakapan antara setidaknya dua orang kru yang berhubungan dengan tindakan aman atau tidak aman dalam bekerja, yang di dalamnya berfokus pada apa yang salah dan untuk siapa? Yang pada akhirnya salah satu kru menyetujui tindakan yang dianjurkan oleh kru lainnya. Perilaku yang dibenarkan ketika kita di-intervensi adalah membalasnya dengan ucapan ‘terima kasih’. Mengapa demikian? Karena dengan mantra ‘terima kasih’ otomatis akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan dibumbui nilai kekeluargaan.

Terakhir saya akan memaparkan hal-hal penting yang seharusnya dilakukan dalam bekerja, diantaranya:

  • Selalu gunakan APD yang sesuai dengan jenis pekerjaan
  • Luangkan waktu untuk berhenti dan berfikir sebelum memulai sebuah pekerjaan
  • Ikuti prosedur seutuhnya dan setiap saat
  • Intervensi ketika anda melihat tindakan atau kondisi yang tidak aman
  • Kenali dan support mereka yang bekerja dengan aman
  • Hentikan segala aktivitas kerja jika anda yakin ada resiko yang tidak terkendali terhadap orang lain atau lingkungan
  • Laporkan bahaya, near misses dan insiden, serta ikut berkonstribusi dalam investigasi
  • Jika ada keraguan jangan segan untuk bertanya

Leave A Comment